Sabtu, 17 Oktober 2015

Sehat Dengan Memilih Makanan Berdasarkan Warna

Memilih makanan memang banyak caranya...Salah satu metode untuk memilih makanan adalah mengelompokkannya berdadarkan warna..

Warna pada bahan makanan biasanya menunjukkan kandungan yg terdapat didalam makanan tersebut...

So selain bergizi, penampilan makanan pun jadi semakin menggiurkan...:-)

Berikut beberapa informasi terkait jenis makanan berdasarkan warnanya:

Ungu

Sayur dan buah berwarna ungu pada umumnya mengandung antioksidan dan anthocyanis, yang berfungsi mencegah kerusakan sel, mengurangi resiko kanker, stroke, dan penyakit jantung.

Contoh yang dapat kita makan adalah anggur, kol ungu, bit, plum, blueberry.

Merah

Sayuran dan buah berwarna merah pada umumnya mengandung anthocyanis dan lycopene, yaitu antioksidan yang mencegah kanker serta baik untuk kesehatan mata dan jantung.

Contoh sayur dan buah berwarna merah : semangka, tomat, paprika merah.

Putih

Warna makanan putih cenderung tidak menarik bukan? Walaupun tidak menarik, sayur dan buah bewarna putih biasanya mengandung antioksidan yang mencegah kanker dan menjaga tekanan darah. Sayuran berawarna putih juga mengandung vitamin B, potasium, dan serat.

Contohnya adalah bawang putih, kembang kol, bawang bombay, jamur, kentang.

Kuning / Oranye

Buah dan sayur yang berwarna kuning dan oranye, mengandung beta karoten yang berfungsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan baik untuk kesehatan mata. Selain itu, juga mengandung vitamin C yang baik untuk daya tahan tubuh serta keindahan kulit.

Banyak sekali buah dan sayuran di kelompok ini, misalnya wortel, jagung, ubi, jeruk, mangga, aprikot, nanas, pisang.

Coklat

Makanan berwarna coklat banyak mengandung serat yang baik untuk percernaan. Selain itu, mereka juga mengandung vitamin B, vitamin E, zat besi dan protein.

Warna makanan coklat jarang kita jumpai pada buah dan sayuran. Berbagai jenis kacang, beras merah, havermout atau gandum adalah contoh-contoh makanan pada kelompok ini.

Hijau

Warna makanan hijau tentunya sudah biasa kita lihat. Apa saja kandungan vitamin dan mineral di dalamnya? Mereka banyak mengandung vitamin K, yang sangat baik dalam pembekuan darah dan membantu kesehatan tulang. Selain itu, biasanya juga mengandung vitamin A, C, folate, kalsium, dan sebagian mengandung zat besi.

Contohnya banyak kita jumpai, misalnya bayam, kacang polong, brokoli, kangkung, serta sayur mayur lainnya.

Menarik bukan? Selain makan sehat, tampilan menu di meja makan menjadi cantik aneka warna. Selamat mencoba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan meninggalkan komentar, pertanyaan, pesan dan kesan atas posting di atas :D