Sabtu, 03 November 2012

Perhatikan Umur Benda di Sekeliling Kita...

Seawet apapun benda perlu diganti sesuai jangka waktu (maksimal) penggunaannya. Mengapa? Anda harus terhindar dari bakteri dan masalah kesehatan lain yang mungkin ditimbulkan. Jangka waktu maksimal setiap benda pasti berbeda. Potensi dan fungsi pada benda tidaklah sama.

Sepatu olah raga
Kapan harus dibuang? Sepatu olah raga hrs dibuang setiap pemakaian 500-1000 kilometer.
Mengapa? Berlari dengan menggunakan sepatu yang sudah usang dapat menyebabkan luka dan infeksi. "Sepatu olah raga perlu diganti saat tidak memberikan rasa nyaman dan aman pada si pemakai," kata Trevor Prior, seorang consultant podiatric surgeon. "Jika tidak, hal tersebut memicu terjadinya rasa sakit pada kaki," katanya. Penelitian terakhir menemukan bahwa dalam sepatu yang usang terdapat mould (bakteri/jamur) 100 kali lebih banyak dari toilet yang baru dibersihkan.

Sisir
Kapan harus dibuang? Buanglah sisir bila gigi-giginya sudah rusak. Dan untuk sisir yang masih bagus, cucilah minimal seminggu sekali.
Mengapa? Food And Drink Federation menyatakan 1mm folikel rambut dapat mengandung 50.000 bakteri dan sisir anda bisa menjadi media perantaranya. Marilyn Sherlock dari The Institute of Trichologist mengatakan "Sisir mengumpulkan sisa-sisa zat pada rambut Anda yang kemudian menggumpal dan lengket sehingga debu pun sangat mudah menempel."

Sikat gigi
Kapan harus dibuang? Sikat gigi harus diganti setiap 3 bulan sekali.
Mengapa? Sebuah penelitian telah membuktikan bahwa sikat gigi yang digunakan lebih dari 3 bulan kurang efektif dalam membersihkan kuman dan bakteri pada gigi. Sikat gigi harus dimiliki secara pribadi karena berbagi sikat gigi bisa memicu tersebarnya virus hepatitis B dn C.

Bra
Kapan harus dibuang? Setiap 3 bulan/setelah 30-40 kali cuci untuk sport bra. Hindari penggunaan detergen/softener pakaian karena dapat merusak bahan Lycra. Mengapa? Buah dada merupakan bagian sensitif dan lembut yang disangga oleh otot Cooper. Bagian ini rawan mengendur secara permanen karena guncangan yang berulang-ulang bila tidak disangga oleh bra. Karena itu, bra harus sering diganti sebab elastisitas bra akan menurun setelah 3 bulan.

Handuk mandi
Kapan harus dibuang? Tentunya jika sudah rusak, sobek-sobek dan terlalu banyak jamur yang menempel, handuk harus dibuang. Dan untuk perawatan, cucilah seminggu sekali pada suhu 60°C dan gunakan secara pribadi.
Mengapa? Infeksi dan penyakit kulit dapat tersebar melalui handuk. "Mayoritas dari kita memiliki kulit yang membawa staphylococcus didalamnya, dimana bakteri tesebut tidak berbahaya kecuali bila masuk ke dalam luka,'' kata profesor Sally Bloomfield dalam sebuah International Forum on Home Hygiene.

Bantal
Kapan harus dibuang? Cucilah setiap tiga minggu/gantilah setiap 6-12 bulan.
Mengapa? Seperti yang diungkapkan The Sleep Council, setelah 6 bulan, 10% bagian bantal telah terkontaminasi oleh bakteri dalam debu, feses bakteri tesebut dan keringat Anda. Bila bakteri ini terhirup, maka akan memicu terjangkitnya asma, rhinitis dan sinusitis.

Papan pemotong (talenan)
Kapan harus dibuang? Gosok dan cuci dengan disinfektan tiap usai pemakaian. Gantilah papan pemotong jika permukaannya telah rusak sehingga sulit membersihkannya.
Mengapa? "Rata-rata, papan pemotong dihuni oleh bakteri 50 kali lebih banyak dari toilet seat," ungkap The Hygiene Council. "Sekali permukaan papan berlubang maka sulit dipastikan papan tesebut masih bersih dan higienis," ungkap para ahli.
Mari hidup bersih mulai dari sekarang. Cintai diri anda dan keluarga dengan membiasakan diri terhadap kebersihan dari hal-hal kecil.

Ref: http://cintaku.mywapblog.com/membuang-benda-ini-dijamin-anda-hidup-se.xhtml

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan meninggalkan komentar, pertanyaan, pesan dan kesan atas posting di atas :D